Apakah Orang Arab itu lebih utama dari Orang-orang Islam lain?

Pertanyaan:

Apakah orang Arab itu lebih utama dari orang-orang Islam lain? Apa beda orang-orang Arab dengan orang-orang Islam ?

Mudassir, Lmj

Jawab:

Sesungguhnya Allah Swt telah memberikan banyak keistimewaan kepada orang-orang Arab, Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa mereka, Allah Swt menjadikan kholifah Nabi dari mereka, sementara mereka itu benih- benih dan pejuang Islam dan banyak keistimewaan yang lain. Sedang orang Islam adalah mereka yang memeluk agama Islam, yang rela Allah sebagai Tuhan-Nya, Islam sebagai agamanya, dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul-Nya tanpa melihat asal – usulnya atau bahasanya baik dia orang Asia atau Afrika atau Eropa atau yang lain.

Tolok ukur utama atau tidak utama mulia atau tidak mulia  antara manusia di sisi Allah itu taqwa. Allah berfirman:

} يَأَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَ أُنْثَى وَ جَعَلْنَاكُمْ شُعُوْبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوْا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ أَتْقاَكُمْ إِنَّ اللهَ عَلِيْمٌ  خَبِيْرٌ {

 

 “Wahai manusia bahwa sesungguhnya kami menciptakanmu  dari laki – laki dan perempuan, dan kami jadikan kamu bersuku – suku dan berbangsa – bangsa agar kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia  diantara kamu yang paling taqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Memberitahukan”.

Ayat di atas menyebutkan tiga hal:

Persamaan antara manusia, “manusia itu sama seperti gigi sisir dalam asal dan kejadiannya, “mereka semua satu bapak dan satu ibu, “mereka sama dalam hak dan kewajiban”.

Perbedaan bahasa, warna, kemampuan, kebiasaan, atau yang lain tidak boleh dijadikan alasan untuk bermusuhan dan berbangga diri tetapi semua itu untuk saling mengenal tidak boleh yang lain. Warna  dan jenis tidak ada nilainya di hadapan Allah Swt, yang paling mulia di sisinya dan yang paling tinggi derajadnya di sisi-Nya di dunia dan di akhirat adalah yang paling taqwa dan shalih pada dirinya dan pada masyarakatnya.

Kami ingin mengingatkan kepada penanya yang terhormat bahwa hubungan aqidah itulah hubungan yang benar bukan hubungan jenis atau warna atau bukan semua hubungan itu tidak ada artinya dalam pandangan Allah. Nabi Saw telah menekankan dalam hadits serta perilaku beliau yang sesuai dengan arti ini pada kehidupan nyata manusia.

Diantaranya apa yang ada dalam khotbah Beliau pada haji Wada’ (perpisahan), Beliau menyatakan: “Wahai manusia sesungguhnya Tuhanmu satu, Bapakmu  satu …… sungguh …… tidak ada keutamaan orang Arab atas orang A’jam (selain Arab) juga orang A’jam atas orang Arab, juga tidak orang berkulit putih atas orang hitam, juga tidak orang berkulit hitam atas orang putih kecuali dengan taqwa. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu  di sisi Allah adalah yang paling Taqwa. HR. Bukhori: 5127 Wallahu A’lam. (Allah lebih tahu).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *