Ayat-ayat dan doa-doa yang dipakai untuk meruqyah dari sihir

Saya ingin meruqyah diri saya sendiri, bagaimana caranya yang shahih?

"Cara yang benar dalam meruqyah diri sendiri dari sihir, ain, dan yang lainnya adalah sebagai berikut:
Letakkan tangan di atas kepala atau yang lainnya dari anggota badan seperti dada. Kemudian bacalah surat al-Fatihah, ayat Kursi, surat al-Ikhlas, an-Nas dan al-Falaq, dua ayat dari akhir surat al-Baqarah, dan ayat-ayat penolak sihir yaitu: ayat 102 surat al-Baqarah, ayat 117-120 dari surat al-A’rof, ayat 80-82 surat Yunus, ayat 69 dari surat Thoha. Demikian juga anda baca dari hadits-hadits Rasulullah yang berkenaan dengan ruqyah, seperti hadits Aisyah x. Dia berkata, "Dulu Rasulullah  apabila mendatangi orang yang sakit dia berdoa:
« أَذْهِبِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ، وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءً إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً »
"Hilangkanlah penyakit wahai Tuhan Penguasa manusia, dan sembuhkanlah, Engkau Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhanMu, dengan kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit." (HR. Mutafaq alaih)
Demikian juga dapat membaca ayat-ayat tersebut dalam sebuah minyak atau air, kemudian mandi dengan sebagian air itu dan minum dari sebagian yang lain. Olesi tubuh dengan minyak itu dan teruskan seperti itu, hingga Allah memberikan kesembuhan. Yakinilah bahwa hanya Allah-lah yang mampu menghilangkan segala madharat. Dialah Zat Maha Pemberi Manfaat dan Maha Penyembuh.
Dan ruqyah ini hanya sebuah lantaran yang tidak ada gunanya kecuali atas izin Allah , maka jangan anda gantungkan hati anda kepadanya, akan tetapi gantungkanlah kepada Allah, hingga semua bermanfaat karenanya. Perbanyak doa dengan benar-benar dan ikhlas. Selalulah taat kepada Allah dan jauhi bermaksiat kepadaNya. Biasakan berdzikir pagi dan sore, dzikir tidur dan bangunnya, dan dzikir-dzikir yang umum lainnya. Wallahu a’lam.

Diperbolehkan menyalin dan menyebarluaskan artikel ini dengan syarat
menjaga amanat ilmiah dan mencantumkan link terkait.