Urutan Para Nabi dan Usia Mereka

Dr. Ilyas Zuhair

1.      Adam (Bapak Manusia), hidup selama 1000 tahun, dikubur di India, ada yang mengatakan di Makkah, ada pula yang mengatakan di Baitul Maqdis.

2.      Idris (Akhnuj), hidup di bumi selama 865 tahun.

3.      Nuh (Syaikhul Mursalin atau Syaikh para rasul), hidup bersama kaumnya 950 tahun. Ada yang berpendapat ia dikebumikan di Masjid Kufah, ada pula yang mengatakan di Gunung Merah, dan ada yang berpendapat di Masjidil Haram.

4.      Hud (‘Abir), hidup selama 464 tahun, dikebumikan di sebelah timur Hadramaut (Yaman).

5.      Shahlih, tidak pernah disebutkan oleh kitab-kitab  sejarah berapa lama usianya, ada yang mengklaim bahwa kuburannya ada di Hadramaut.

6.      Luth, tidak ada kitab-kitab yang menyebutkan lama usianya. Diklaim bahwa ia dikebumikan di desa Shou’ar, Hadramaut.

7.      Ibrahim Al-Khalil (Bapak para nabi), hidup selama 200 tahun, dilahirkan 1263 tahun setelah peristiwa topan (di masa Nabi Nuh). Dikebumikan di Al-Khalil (Palestina) bersama makam istri pertamanya, Sarah.

8.      Ismail, hidup selama 137 tahun, dimakamkan di samping ibundanya Hajar, di Makkah.

9.      Ishaq, hidup selama 180 tahun, dimakamkan bersama ayahandanya, Ibrahim as di Palestina.

10.  Ya’qub (Israil), hidup selama 147 tahun dan meninggal dunia di Mesir. Untuk melaksanakan wasiatnya, putranya, Yusuf Alaihissalam memindahkannya ke Al-Khalil (Palestina).

11.  Yusuf (Ash-Shiddiq), hidup selama 110 tahun, meninggal dunia di Mesir, saudara-saudaranya memindahkan jasadnya berdasarkan wasiatnya kemudian dimakamkan di Nablus (Palestina).

12.  Syu’aib (Nabiyullah), tidak disebutkan dalam kitab-kitab sejarah lama usianya, makamnya ditemukan di Hiththin, dekat Thabariyah (Palestina)

13.  Ayyub yang sabar, hidup selama 93 tahun, dimakamkan di samping istrinya di desa Asy-Syaikh Sa’ad, dekat Damaskus.

14.  Dzul Kifli (Basyar), tidak disebutkan dalam kitab-kitab sejarah lama usianya, dilahirkan di Mesir dan wafat di Saina` pada hari-hari tersesatnya (Bani Israel), ada yang mengatakan bahwa ia dimakamkan di samping orang tuanya di bumi Syam.

15.  Yunus, tidak ditemukan dalam kitab-kitab sejarah lama usianya, tidak pula kabar tentang di mana kuburnya.

16.  Musa (Kalimullah), hidup selama 120 tahun, meninggal dunia di Saina` dan dikebumikan di sana.

17.  Harun, hidup selama 122 tahun, meninggal dunia di Saina` dan dikebumikan di sana.

18.  Ilyas, tidak disebutkan dalam kitab-kitab sejarah lama usianya, disebutkan bahwa ia dilahirkan setelah masuknya Bani Israel ke Palestina. Ada yang mengatakan kuburnya di Ba’labak (Lebanon).

19.  Ilyasa (Ilyusya`) begitu juga tidak disebutkan dalam kitab-kitab sejarah lama usianya, tidak pula tempat yang ia tuju setelah kaumnya di Baniyas (Syam) menampakkan kedurhakaannya.

20.  Dawud, hidup selama 100 tahun, disebutkan bahwa kerajaannya berlangsung selama 40 tahun.

21.  Sulaiman, hidup selama 52 tahun, mewarisi kerajaan ayahnya pada saat berusia 12 tahun, dan kerajaannya berlangsung selama 40 tahun.

22.  Zakariya, hidup selama 150 tahun, jasadnya di belah dengan gergaji oleh tangan-tangan yang menyembelih anaknya, Yahya.

23.  Yahya, tidak disebutkan dalam kitab-kitab sejarah lama usianya. Dilahirkan pada tahun yang sama dengan Al-Masih Isa. Ia disembelih pada saat di mihrab atas usulan wanita nakal (bejat) kepada raja zalim. Disebutkan bahwa kepalanya dikuburkan di Jami’ Umawi (Damaskus).

24.  Isa bin Maryam, hidup selama 33 tahun. Allah mengangkatnya ke langit setelah tiga tahun dari masa pengutusannya. Disebutkan bahwa ibunya, yaitu Maryam hidup hingga 6 tahun sepeninggalnya. Dan maryam meninggal dunia pada usia 53 tahun.

25.  Muhammad (Rasulullah saw), dilahirkan di Makkah meninggal dunia pada tahun 570 M pada usia 63 tahun, dimakamkan di rumah Aisyah ra (Masjid Nabawi).