WASIAT ISKANDAR AL-MAQDUNIY

Sebagaimana disebutkan bahwa Iskandar al-Maqduniy dilahirkan 356 tahun sebelum masehi. Ketika menjelang dia wafat ia berwasiat dengan wasiat aneh yang menunjukkan pada hikmah yang sangat besar. Wasiat itu adalah:

Wasiat pertama: Tidak ada yang boleh membawa kerenda mayatku dan tidak ada yang boleh hadir melainkan para dokter pribadiku.

Wasiat kedua: Hendaknya potongan emas, perak dan mutiara yang aku kumpulkan semasa hidupku disebarakan di sepanjang jalan yang dilewati jenazahku hingga ke pemakaman.

Wasiat terakhir: Ketika kalian memasukkan jenazahku ke dalam kerenda maka keluarkanlah kedua tanganku dari dalam kain kafan dan biarkan terjulur keluar kerenda.

Ketika sang raja selesai dari menuliskan wasiatnya serta-merta panglimanya mencium tangannya dan meletakkan di dadanya sembari berkata: Wasiatmu akan segera dilaksanakan tanpa ada kekurangan. Namun tidakkah tuanku berkenan memberi tahu saya akan makna yang terkandung di balik ketiga keinginan tersebut?

Lantas sang raja mengambil nafas dalam-dalam dan menjawab: “Aku hanya ingin memberikan pada seluruh dunia pelajaran yang tidak pernah aku pahami kecuali pada hari ini.

Dengan wasiat pertama aku ingin memberi tahu manusia bahwa bila kematian datang maka tidak ada yang dapat mencegahnya walaupun para dokter yang selalu kita jadikan rujukan saat kita sakit, dan bahwasanya kesehatan serta usia adalah kekayaan yang tidak pernah diberikan oleh siapapun kepada orang lain.

Sedangkan wasiat kedua adalah supaya manusia mengerti bahwa setiap waktu yang kita habiskan untuk mengumpulkan harta benda atau menyakiti orang lain akan pergi sia-sia. Dan kita tidak akan membawanya sedikitpun walaupun hanya satu butir emas. Kita tidak akan membawa melainkan perbuatan baik dan doa manusia untuk kebaikan ataupun keburukan kita.

Sedangkan wasiat ketiga tujuannya adalah agar manusia mengetahui bahwa saat kita datang ke dunia ini dalam keadaan tangan kosong dan akan keluar darinya dengan tangan kosong pula. (ay)

(md).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *