Syubhat Kristen Q.S At-Taubah 31

PERTANYAAN
Hal yang membingungkan saya itu adalah satu ayat yang terdapat di dalam surat At-Taubah ayat 31 yang berbunyi:

untitled

Artinya:“Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah dan Al-Masihputra Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan(yang berhak disembah) selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

Dalam ayat di atas saya menemukan bahwasanya Allah telah menyebutkan Isa Al-Masih dengan huruf wau ‘athaf (kata sambung), dengan demikian maka dengan sendirinya ia adalah Tuhan sebagaimana hal itu dijelaskan di dalam akhir ayat tersebut. Maka saya berharap bantuan Anda untuk menjelaskan masalah ini, dan Jazakumullah khairan atas usaha keras Anda dalam membantah syubhat Kristen dan Syi’ah.
(Anwar Ibrahim)

JAWAB
Saya berterima kasih atas catatan penting Anda, sebagaimana saya berterima kasih atas usaha Anda dalam mencari kebenaran dari syubhat ini, yang sejatinya ia merupakan salah satu syubhat Kristen atas umat Islam dan Al- Qur’an, serta Anda harus meminta ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya atas keraguan ini. Supaya menjadi jelas permasalahan ini untuk Anda melalui pemahaman yang benar, sebenarnya firman Allah وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ maka ia ma’thuf (mengikut) kepada (رُهْبَانَهُمْ) dan bukan kepada Allah.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *